Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Perlu Anda Ketahui !

Waspada terhadap lowongan kerja palsu. Zaman internet saat ini, Anda bisa dengan saja dengan gampang menemukan Lowongan Kerja. Tapi, jangan terlalu naïf menanggapi informasi serba online. Tahu sendiri kan, banyak penipuan yang memanfaatkan para pencari kerja? Wajib diingat: semakin menggiurkan tawaran tersebut, biasanya makin banyak hal yang harus Anda waspada. Beberapa ciri-ciri lowongan kerja palsu yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut :


Selalu menawarkan GAJI BESAR!


Perusahan abal-abal selalu menawarkan gaji yang terlalu besar, alias gaji tetap yang sudah ditentukan, misalnya ada pengumuman bahwa ada perusahaan yang menawarkan gaji 10 juta per bulan plus uang makan dsb.

Dalam hal gaji, biasanya perusahaan akan memberikan gaji sesuai kualifikasi yang ada pada calon tenaga kerja, dan kebanyakan masalah gaji adalah confidential dan tidak pernah diungkap di pengumuman lowongan kerja.

Sumber tidak JELAS

Pastikan anda mendapatkan informasi lowongan kerja dari sumber yang jelas. Paling tidak pada informasi lowongan kerja yang anda temui tersebut terdapat sumber dari mana lowongan kerja tersebut diterbitkan.


Posting iklan bukan di web resmi perusahaan


Ketika Anda memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan dari website yang bukan miliki perusahaan, maka sebaiknya Anda tidak langsung mempercayai informasi tersebut. Sebab di internet telah banyak beredar iklan lowongan pekerjaan yang memang bukan berada di situs resmi perusahaan tersebut, jika memang ragu, maka sebaiknya Anda cek kembali di website resmi perusahaan, apakah lowongan kerja tersebut benar atau lowongan kerja palsu.


Hosting gratisan


Biasanya, di dalam iklan lowongan pekerjaan perusahaan akan mencantumkan alamat email yang bisa Anda gunakan untuk melakukan proses lamaran kerja via online. Dan biasanya pihak perusahaan memiliki hosting email yang resmi yang dimilikinya seperti admin@pertamina.com, dan tidak menggunakan email gratisan seperti yahoo, gmail, aol, hotmail, dan sebagainya.


Tidak mempermasalahkan kualifikasi!


Perusahaan abal-abal membuka kesempatan untuk semua jenjang. Terkadang banyak lowongan yang menawarkan posisi mentereng dengan gaji mentereng tetapi tidak secara spesifik menentukan syarat lulusan minimal. Perusahaan yang bagus dan bener akan memberikan syarat minimal lulusan yang mereka inginkan, misalnya harus lulusan d3 pertambangan, atau sarjana geologi, membutuhkan lulusan sarjana teknik sipil, lulusan stm bangunan dsb.


Tidak mengadakan proses seleksi baik tertulis maupun wawancara.


Sepertinya ini aneh, tetapi jangan salah, hal ini banyak terjadi dan dianggap lumrah oleh para calon tenaga kerja. Perusahaan abal abal ini menerima dan menjanjikan pekerjaan tanpa melalui proses seleksi yang ketat baik wawancara, maupun test psikotest dan test tulis lainnnya.


Nomor yang dihubungi adalah Nomor Seluler


Perlu diwaspadai adalah ketika kita diminta segera menghubungi sebuah nomor telepon untuk mengkonfirmasi lowongan tersebut adalah sebuah nomor seluler. Karena sangat aneh apabila sebuah perusahaan besar yang menyelenggarakan lowongan tetapi nomor telepon yang bisa dihubungi adalah nomor seluler dan bukan nomor fixed-phone resmi dari perusahaan tersebut.


Media yang digunakan saat memanggil interview


Pihak perusahaan pada umumnya akan menghubungi anda melalui telp atau melalui email ketika hendak memanggil anda untuk datang interview. Namun jika ada perusahaan yang melakukan pemanggilan interview melalui SMS, sebaiknya anda hindari.

Sumber : Sumatera Career Center