Solusi Dari Masalah Pendaftaran CPNS Tahun 2014

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 dari Jalur Umum sudah memasuki tahap akhir beberapa Instansi pusat maupun daerah sudah menutup pendaftaran. Namun saat ini masih banyak pendaftar yang masih menemukan hambatan dalam melakukan pendaftaran CPNS di situs Panselnas.menpan.go.id. Berikut ini solusi dari permasalahan-permasalahan yang sering timbul dalam pendaftaran di situs Panselnas.

1. Masalah terkait dengan NIK tidak valid atau sudah terdaftar

Ketika ingin mendaftar di situs Panselnas, Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah terdaftar padahal saya belum mendaftar sama sekali, bagaimana solusinya? Masalah ini sering timbul dalam pendaftaran CPNS, dimana banyak pelamar mengaku bahwa NIK mereka tidak valid ketika dimasukkan dalam formulir registrasi di Situs Panselnas. Adapun penyebab dari tidak validnya NIK anda tersebut ada dua kemungkinan yang pertama adalah ada seseorang yang tidak sengaja salah mengisi NIK nya, ketika melakukan pendaftaran CPNS di Situs Panselnas. Alasan kedua adalah bahwa ada yang sengaja " mencuri " NIK untuk digunakan dalam pendaftaran CPNS di Situs Panselnas. Adapun tujuan dari pencurian NIK itu bermacam-macam, ada yang bertujuan mencoba-coba ataupun sengaja menggunakan NIK anda untuk mendaftar dengan namanya karena NIK anda punya hampir sama dengan miliknya (hanya berbeda satu angka).

Jika sudah terjadi seperti ini, hal yang pertama anda lakukan adalah tenang dan menghubungi Pusat Pengaduan Panselnas. Berbagai metode dilakukan oleh Panselnas agar pengaduan dari calon pelamar CPNS bisa teratasi. Berikut syarat dan prosedurnya :

A. Pengaduan Via Email

Pengaduan Permasalahan NIK

1. Kirimkan email pengaduan ke panselnas@menpan.go.id
2. Subject penulisan email pengaduan [Pengaduan Permasalahan NIK]
3. Email diisi biodata lengkap sesuai KTP.
4. Lampirkan bukti KTP atau E-KTP dan Ijazah SMA / Akta Kelahiran di dalam email (SCAN)
5. Email dengan data tidak lengkap tidak akan diproses.

Anda harus bersabar menunggu konfirmasi, karena email konfirmasi dari Panselnas biasanya memakan waktu kurang lebih dari 5 hari, hal ini disebabkan oleh banyaknya email pengaduan yang masuk ke Panselnas.

B. Pengaduan Via Twitter

Akun Twitter Panselnas @panselnas cukup responsiv dalam menanggapi berbagai permasalahan yang dihadapi calon pelamar CPNS. Tapi, sebelum mention admin Panselnas, ada baiknya mengecek Timeline dan Favorite akun Panselnas.

C. Pengaduan Via Yahoo Messenger

Nah, layanan ini adalah layanan terbaru dari Panselnas. Hanya saja, untuk bisa berbicara langsung dengan admin Panselnas via Yahoo Messenger, Anda harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Caranya? Ambil nomor antrian via tautan ini: http://pengaduan.panselnas.id/. Pastikan akun YM Anda dalam kondisi terus aktif. Silakan add terlebih dahulu akun YM Panselnas: helpdeskpanselnas.
Update: 19/9: Panselnas kini memiliki 6 akun YM, yaitu: 
  • helpdeskpanselnas
  • helpdeskpanselnas2
  • helpdeskpanselnas3
  • helpdeskpanselnas4
  • helpdeskpanselnas5
  • helpdeskpanselnas6
2. Masalah terkait dengan email Anda, Email anda tidak bisa dibuka

Apabila ada masalah terkait dengan email Anda, Email anda tidak bisa dibuka dapat mengirim pengaduan email dengan prosedur :

1. Kirimkan email pengaduan ke info@panselnas.id
2. Cantumkan semua data yang Anda isi saat mendaftar.

3. Pengisian formulir pendaftaran anda ulang karena pengisian sebelumnya berhenti ditengah jalan atau tidak tuntas

Apabila pengisian formulir pendaftaran anda ulang karena pengisian sebelumnya berhenti ditengah jalan atau tidak tuntas, dan muncul peringatan "NIK tidak valid atau sudah terdaftar", maka anda dapat langsung login ke portal instansi minimal 1x24 jam. Daftar portal instansi dapat dilihat di tautan ini.

4. Sudah mendaftar akan tetapi tidak mendapat email pemberitahuan dari panselnas

Apabila sudah mendaftar akan tetapi tidak mendapat email pemberitahuan dari panselnas, maka dengan menggunakan NIK dan password yang anda daftarkan dapat langsung login ke portal instansi minimal 1x24 jam. Daftar portal instansi dapat dilihat di tautan ini.

5. Mengalami kesulitan login di portal instansi atau sscn.bkn.go.id

Apabila mengalami kesulitan login di portal instansi atau sscn.bkn.go.id., harap mengirimkan e-mail ke panselnas@menpan.go.id dengan subjek [Pengaduan Login] dengan isi mencantumkan semua data yang Anda isi saat mendaftar.

6. Masalah terkait dengan web Panselnas yang tidak dapat diakses

Apabila ada masalah terkait dengan web Panselnas yang tidak dapat diakses, Anda dimohon untuk bersabar dan terus mencoba karena traffic sedang padat. Apabila ada error (hanya sebentar) disebabkan padatnya traffic tersebut.

Harap tekan ctlr + F5 pada keyboard anda untuk update halaman portal panselnas

P E R H A T I A N !!

Pindah pilihan instansi dengan dalih dan alasan apapun tidak diperbolehkan

Demikian untuk menjadi maklum