Cara Pendaftaran Lowongan CPNS 2014 Via Online Internet

Cara mendaftar lowongan CPNS 2014 via online internet harus dipelajari oleh setiap orang yang ingin menguti tes CPNS karena Seleksi Penerimaan CPNS 2014 secara Nasional dilaksanakan dengan ujian/test menggunakan C.A.T. (Computer Assisted Test) . Perubahan cara pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan secara online memang memberi banyak kemudahan bagi para pendaftarnya.

Hanya saja hal itu tetap menjadi tanda tanya, khususnya bagi kalangan masyarakat yang belum familiar dalam menggunakan internet. Berikut cara langkah-langkah pendaftaran lowongan CPNS 2014 via online internet.

Proses pendaftaran CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) Tahun Anggaran 2014 terdiri dari :

1. Masuk ke portal Panselnas di http://regpanselnas.menpan.go.id 

- Melihat pengumuman formasi jabatan untuk Instansi yang ingin dilamar dan juga syarat pendaftarannya.

Melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, instansi yang dipilih dan e-mail yang aktif.

- Setelah selesai klik tombol kirim

2. Pelamar akan mendapatkan email balasan dari Portal CPNS 2014, berupa username, password, dan link registrasi online dari Instansi yang dilamar

3. Pelamar Log In/ Masuk ke http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi username & password yang sudah dikirim via e-mail. 

4. Setelah masuk, Pelamar dapat melihat pengumuman dan persyaratan untuk Instansi yang telah dilamar

5. Pelamar mengisikan Biodata Pelamar, Memilih Kualifikasi Pendidikan dan Formasi Jabatan yang dilamar

- Klik DAFTAR untuk mengisi formulir pendaftaran.

- Isi formulir registrasi yang muncul.

- Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.

- Pastikan isian jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan.

- Klik check box mengenai kebenaran data yang telah dimasukkan

- Masukkan kode captcha yang tertera.

- Klik tombol Daftar untuk memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.

6. Pelamar mencetak tanda bukti pendaftaran / Kartu Registrasi SSCN

- Tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak ditempat lain.

- Tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak agar dibawa pada saat verifikasi dokumen lamaran di panitia penerimaan CPNS masing-masing instansi.

7. Pelamar melakukan verifikasi dokumen berdasarkan persyaratan pendaftaran Instansi yang dipilih dan diwajibkan juga menyertakan Kartu Registrasi SSCN pada Instansi yang dilamar.

- Verifikasi dokumen dilakukan oleh Panitia Penerimaan CPNS yang ada pada masing-masing instansi yang dilamar.

- Instansi menentukan apakah dokumen lamaran dibawa oleh pelamar yang bersangkutan atau dikirim melalui Pos Indonesia.

- Verifikasi dokumen tersebut untuk memastikan kesesuaian data pelamar pada isian formulir pendaftaran dan pilihan formasi serta pendidikan apakah telah terisi dengan data yang benar.

8. Mengikuti ujian seleksi pada waktu yang telah ditentukan.

9.Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman.

Catatan Penting :
* Pendaftar wajib memiliki email yang berlaku/ aktif artinya masih bisa dibuka.

Sumber : Panselnas.menpan.go.id | sscn.bkn.go.id