Cara Membuat Kartu Pencari Kerja | Kartu AK 1 | Kartu Kuning Terbaru

Pembuatan Kartu Pencari Kerja/ Kartu AK/1/ Ex. Kartu Kuning dilakukan secara online di situs infokerja.depnakertrans.go.id. Anda bisa mendaftar lewat komputer, laptop, smartphone yang anda miliki. Tahapan dalam pembuatan Kartu Pencari Kerja adalah sebagai berikut :

1. Kunjungi situs http://infokerja.depnakertrans.go.id/ lalu klik Menu Pencari Kerja

2. Pada Halaman Registrasi Pencari Kerja terbagi menjadi 8 Sub Form, yang wajib diisi hanya Sub Form Account Pencari Kerja, Photo, Data Pencari Kerja, Data Pendidikan Terakhir dan Data Pekerjaan yang diinginkan.

3. Account Pencari Kerja
- User ID : (Isikan dengan nama atau kata yang mudah diingat tanpa spasi)
- Kata Sandi : (Isikan sandi dengan huruf/ angka, harus lebih dari 4 karakter)
- Ulangi Kata Sandi : (Ulangi kata sandi yang saa)
- Email : (Isikan email pribadi anda, jika ada)

4. Photo
- Unggah photo dari komputer : Besar file maks. 1MB dengan ektension :jpg, png, gif
- Unggah photo dari webcam : Ambil Photo dulu setelah itu Unggah.

5. Data Pencari Kerja
- No KTP/ NIK :
- Nama Lengkap :
- Gelar Depan :......... - Gelar Belakang :.......... (Untuk tamatan SMA/Sederajat Biarkan tetap kosong)
- Tempat Lahir :
- Tanggal Lahir :
- Jenis Kelamin :
- Status Perkawinan :
- Kewarganegaraan :
- Tinggi/ Berat Badan :
- Nomor HP :
- No. Tlp : (Biarkan tetap kosong)
- Provinsi :
- Kabupaten/ Kota :
- Kecamatan :
- Alamat :

Data Pencari Kerja diisi sesuai dengan Data Kartu Tanda Penduduk Anda.

6. Data Pendidikan Terakhir
- Tingkat Pendidikan :
- Jenis Jurusan :
- Nama Institusi Pendidikan :
- Tahun Lulus :
- Lama Pendidikan :
- Nilai Ijasah/ IPK : (Isikan nilai ijasah/ IPK, Contoh 3.46)

Data Pendidikan Kerja diisi sesuai dengan ijazah terakhir anda.

7. Data Pekerjaan yang diinginkan
Wilayah yang diinginkan
- Penempatan :
- Propinsi :
- Kabupaten/ Kota

Jabatan yang diinginkan
- Gol. Jabatan yang diminati :
- Jenis Gol. Jabatan yang diminati :
- Sistem Pembayaran :
- Harapan Gaji Minimum : 

Data Pekerjaan yang diinginkan, isikan dengan Wilayah dan Jabatan yang anda inginkan.

8.  Selesai mengisi Data Online, coba disimpan kemudian pastikan anda bisa Log In, kalau tidak bisa silahkan coba mendaftar kembali. Hal ini untuk mengetahui anda sudah terdaftar/ belum.

9. Setelah anda berhasil Log In, segera datang ke kantor DISNAKER Prov/Kab/Kota anda untuk mengambil Kartu AK.I anda.

10. Sampai dikantor DISNAKER, mintalah dan isi formulir AK.II dan melampirkan :
- Fotocopy ijazah SD s/d Ijazah Terakhir 1 Lembar
- Fotocopy KTP 1 Lembar
- Pas Photo ukuran 3x4 2 lembar

6. Serahkan formulir AK.II tadi dan Syarat-syarat di atas kepada Pegawai/ Petugas.

7. Tunggulah sebentar, kartu AK.I anda akan segera di cetak oleh Petugas. 

Sumber : Disnaker